Sabtu, 22 Maret 2014

Android merupakan pengembangan dari OS Linux yang berbasis terbuka atau open source. Dikarenakan terbukanya sistem Android siapa saja dapat membuat aplikasi untuk ponsel ini dan dapat mengubah apapun didalam OS Android. Tidak ada batas!

Karena tidak ada batasan di OS tersebut membuat pihak hardware membuat semacam proteksi agar ponsel berbasis Android tidak mudah terserang jika dibiarkan. Bahkan dengan membiarkan ponsel android kita ditangan orang lain selama 1 menit, tanpa adanya batasan, ponsel kita dijamin mudah disusupi oleh si peminjam.

Dikarenakan itulah maka pihak pihak pembuat ponsel yang menanamkan sistem operasi android di ponselnya membuat batasan untuk mencegah hal tersebut.

Tetapi, terkadang kita membutuhkan batasan tersebut hilang agar bisa menginstall beberapa program yang membutuhkan modifikasi di dalam sistem android. Tentu saja hal tersebut termasuk perbuatan yang berbahaya, sehingga dengan melakukan tindakan tersebut kita sudah kehilangan garansi kita.

Kalau kita bandingkan dengan komputer, root itu sama dengan administrator. Anda pernahkan tidak bisa menginstal program apapun di laptop kantor anda atau di pc warnet tempat anda bermain? ya itu karena anda tidak masuk kedalam administrator.

Keuntungan ponsel android di root ada beberapa, diantaranya
1. Memberikan akses yang tidak terbatas terhadap sistem android, bahkan kita dapat memodifikasi file file di sistem android.
2. Agar dapat menginstal aplikasi untuk merubah tampilan layout (Costum ROM).
3. Agar bisa menguninstal aplikasi bawaan ponsel. Misalkan lenovo launcher pada ponsel lenovo.
4. Melakukan overclock prosesor

Kerugian ketika ponsel android kita sudah di root.
1. Hilangnya garansi ponsel
2. Muncul sikap khawatir ketika ponsel kita dipinjam oleh seseorang. Bayangkan saja, setelah ponsel kita di root. Siapapun dapat merusak sistem ponsel android kita.
3. Lebih mudah terserang aplikasi jahat jika kita tidak hati hati ketika memilih grant aplikasi.

Kesimpulan :
Jika anda tidak berniat mengutak atik ponsel android anda, atau anda hanya berniat untuk menggunakan ponsel anda dengan apa adanya, tanpa adanya modifikasi. JANGAN ROOT PONSEL ANDA.

0 komentar:

Posting Komentar